5 Cara Menghilangkan Sifat Egois yang Berlebihan

cara menghilangkan sifat egois

Sebenarnya setiap orang memiliki rasa egois dalam diri masing-masing. Hanya saja, hal tersebut menjadi tercela ketika berlebihan dan melampaui batas. Apalagi jika Anda hanya mementingkan kepentingan diri sendiri, tanpa peduli dengan orang lain.

Jika Anda memiliki sifat egois yang seperti ini, sebaiknya segera dihilangkan.  Sebab, sifat tersebut sangat mudah memicu konflik dengan orang-orang di sekitar Anda. Bahkan, sifat tercela tersebut akan menjadikan orang-orang menjauhkan diri dari Anda.

Meskipun tidak mudah, menghilangkan sifat egois bisa dilakukan jika Anda mengikuti cara-cara yang disebutkan di bawah ini.

Anda Memiliki Sifat Egois yang Berlebihan? Ini 5 Cara Menghilangkannya

1. Evaluasi Sifat Egois yang Ada dalam Diri Anda

Sebagaimana yang disebutkan di atas, setiap orang memiliki sifat egois dalam dirinya. Hanya saja, sifat ini menjadi tercela ketika sudah berlebihan dan melewati batas. Agar bisa merubahnya, Anda harus mengetahui bentuk-bentuk sifat egois tersebut pada diri Anda.

Berikut beberapa contoh perilaku egois yang mungkin Anda lakukan :

  • Merasa diri selalu benar.
  • Sulit menerima kritikan atau saran.
  • Tidak mau mengakui kesalahan.
  • Tidak pandai menghargai usaha orang lain.
  • Suka mengatur dan mengendalikan orang-orang di sekitar Anda.
  • Ingin diperlakukan dengan baik, namun tidak sebaliknya.

Setelah mengetahui apa saja bentuk-bentuk perilaku egois yang ada pada diri Anda, maka selanjutnya Anda bisa menghilangkan atau merubahnya secara perlahan. Awalnya mungkin berat, tapi lambat laun akan terbiasa dan hilang dari diri Anda.

2. Belajar untuk Mendengarkan Orang Lain

Sifat egois berlebihan seringkali menjadikan Anda tidak mau mendengarkan orang lain. Patokannya adalah keinginan dan kehendak diri sendiri. Apa saja yang Anda pandang baik dan cocok, maka itulah yang Anda ikuti, tanpa memerdulikan apa tanggapan dan reaksi dari orang lain.

Untuk menghilangkan sifat egois ini, Anda perlu belajar untuk mendengarkan orang lain. Meskipun Anda merasa kalau apa yang Anda pikirkan merupakan hal yang terbaik, tapi tidak ada salahnya Anda duduk sejenak untuk mendengarkan saran dan masukan.

Selain mendidik diri sendiri untuk mendengarkan dan menghargai orang lain, bisa jadi apa yang disampaikan oleh orang lain ternyata lebih baik daripada apa yang Anda pikirkan.

3. Melihat Kebutuhan Orang Lain

Bukan hanya Anda yang memiliki kebutuhan dan keinginan, tapi juga orang lain. Oleh karena itu, hendaknya Anda mulai memerhatikan kebutuhan orang lain, lalu mendahulukan kebutuhan orang lain jika memang penting.

Sebagai contoh, ketika Anda duduk di dalam kereta dan melihat ada wanita hamil yang berdiri karena tidak kebagian tempat duduk, sebaiknya Anda mempersilahkannya untuk duduk menggantikan Anda. Sebab, wanita hamil tersebut lebih membutuhkan tempat duduk dibandingkan Anda.

4. Bersyukur dan Menghargai Orang Lain

Ketika hidup di masyarakat, Anda pasti akan berinteraksi dengan orang lain dalam berbagai kondisi. Saat berinteraksi, Anda dan orang lain akan saling membantu satu sama lain. Untuk menghilangkan sifat egois, cobalah untuk belajar bersyukur dan menghargai orang lain.

Sekecil apapun bantuan tersebut, tetap saja bermanfaat bagi Anda. Oleh karena itu, selayaknya Anda bersyukur dan menghargainya.

5. Memperdalam Rasa Empati

Salah satu sifat yang menyebabkan Anda egois adalah kurangnya rasa empati. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memperdalam rasa empati terhadap orang lain. Dengan begitu, Anda lebih peka dengan orang di sekitar Anda.

Empati adalah merasakan apa yang dialami orang lain berdasarkan sudut pandang mereka, tanpa harus berada dalam situasi tersebut.

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan rasa empati :

  • Meluangkan waktu untuk berkomunikasi dengan orang lain dan mendengarkan keluhan mereka terkait apa yang dialami.
  • Membayangkan apa yang mereka rasakan ketika mengalami hal yang menyedihkan.
  • Fokus memikirkan persamaan dibandingkan perbedaan.

Cara Bijak Mengatasi Anak yang Mudah Emosi

Itulah tadi penjelasan mengenai 5 cara menghilangkan sifat egois dalam diri Anda. Meskipun awalnya berat, lambat laun Anda akan terbiasa dan mampu menghilangkannya selama bersungguh-sungguh untuk menghilangkan sifat tersebut.

Anda telah membaca informasi tentang "5 Cara Menghilangkan Sifat Egois yang Berlebihan" yang telah dipublikasikan oleh Manasuka Blog. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan. Terima kasih.

You May Also Like

About the Author: Rismal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *