Ciri Khas Gaya Hidup Masyarakat Urban

gaya hidup masyarakat urban

Meski sudah kerap dibahas, faktanya masih banyak yang belum tahu mengenai masyarakat urban. Dijelaskan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), urban berkaitan dengan kota atau orang yang berpindah dari desa ke kota.

Semakin hari, jumlah masyarakat urban bertambah dengan pesat karena melihat peluang kerja di kota-kota besar yang dinilai membawa keuntungan besar.

Ini Ciri Khas Gaya Hidup Masyarakat Urban

Menyesuaikan dengan perkembangan zaman, masyarakat urban memiliki ciri khas tersendiri. Penasaran apa saja ciri khas tersebut? Penjelasan lengkapnya akan dibahas pada ulasan di bawah ini :

1. Terbuka dengan Budaya Lain dan Hal Baru

Pesatnya perkembangan teknologi membuat banyak orang lebih cepat dalam menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi. Alhasil, masyarakat urban lebih terbuka terhadap budaya lain dan hal-hal baru.

Bahkan hal yang awalnya dianggap tabu, sekarang banyak yang menganggapnya sebagai hal umum dan wajar  terjadi.

Masyarakat urban juga lebih toleransi dengan perbedaan, baik perbedaan pendapat ataupun budaya. Malah perbedaan dijadikan sebagai alat untuk menyatukan ide-ide kreatif dari banyak individu.

2. Cenderung Hidup Individualis

Semakin hari, masyarakat lebih suka melakukan berbagai hal sendiri. Bukan tidak membutuhkan kehadiran orang lain, tetapi untuk melepaskan ketergantungan serta lebih mandiri.

Sikap individualis ini didukung dengan perkembangan teknologi di berbagai sektor, mulai dari komunikasi, transportasi, dan bidang-bidang pekerjaan.

Berkat itu semua, pekerjaan menjadi lebih cepat terselesaikan meski hanya dikerjakan sendiri atau dengan tenaga terbatas. Akhirnya, orang-orang semakin individualis dan banyak yang menarik diri dari lingkungan sosial.

3. Update Informasi Terkini

Jika dahulunya informasi hanya tersebar dari mulut ke mulut, siaran radio, koran, dan televisi, sekarang masyarakat bisa dengan mudah mendapatkan informasi melalui platform online baik dari situs khusus atau media sosial.

Informasi yang didapatkan semakin cepat meski tidak ke mana-mana. Jangkauannya juga tidak terbatas di dalam negeri saja, tetapi juga mancanegara.

Kuatnya jaringan yang digunakan membuat masyarakat urban lebih update informasi dibandingkan dengan masyarakat perkotaan yang di daerahnya akses internet masih terbatas. Pasalnya, masih ada beberapa daerah yang belum mendapatkan internet.

4. Mengikuti Tren Kekinian

Pergaulan yang luas membuat para kaum urban begitu luas. Mereka sangat update dengan tren kekinian yang dilihatnya dari lingkungan sekitar, internet, maupun media sosial seperti halnya TikTok.

Tren yang umum dilakukan adalah nongkrong di tempat kekinian, membuat tarian berdasarkan tren di TikTok, dan melakukan kegiatan kekinian lainnya.

Kaum urban sering dikaitkan dengan sifat narsistik dan stylish. Sifat seperti ini yang paling perlu dikendalikan karena bisa membawa kerugian bagi sendiri atau orang lain, serta berpotensi memicu munculnya dampak-dampak buruk.

5.  Mobilitas Tinggi

Kebanyakan dari mereka memiliki sifat dinamis terhadap pekerjaan yang akhirnya membuat kesempatan dan waktu menjadi prioritas terbesarnya saat menjalankan kegiatan sehari-hari. Jadi, tidak ada banyak waktu luang karena waktunya diisi dengan beragam rutinitas.

Tingkat kesibukan yang tinggi menjadi ciri khas lain dari masyarakat urban. Terlebih bagi yang memang berniat pergi ke kota untuk mengadu nasib. Sebab, di kota sendiri persaingan lebih ketat meskipun lapangan pekerjaan di sana lebih banyak.

Sebenarnya, ciri khas masyarakat urban yang tampak pada diri seseorang bisa saja tidak sama. Biasanya tergantung dari prinsip kehidupan setiap individu dan pergaulannya. Tidak sedikit juga masyarakat urban yang begitu bijak dengan memanfaatkan kemajuan teknologi untuk mendapatkan penghasilan.

Anda telah membaca informasi tentang "Ciri Khas Gaya Hidup Masyarakat Urban" yang telah dipublikasikan oleh Manasuka Blog. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan. Terima kasih.

You May Also Like

About the Author: Rismal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *