Tips Berteman yang Aman di Media Sosial

tips berteman di media sosial

Berteman di media sosial perlu berhati-hati karena sangat rawan terjadi tindak kejahatan, seperti penipuan, pencemaran nama baik, bahkan ada kasus penculikan hingga pembunuhan. Ironisnya, pelaku kejahatan justru merupakan teman si korban di medsos.

Meski berteman di dunia maya sangat menyenangkan, tetapi tingkat kerawanannya lebih tinggi dibanding berteman di dunia nyata. Bagaimana tidak, kita bahkan tidak bisa tahu kebiasaan, ekspresi, dan niat mereka apakah benar-benar ingin berteman tulus atau memiliki modus lain.

Inilah 5 Tips Berteman yang Aman di Media Sosial

Tidak sembarangan dalam berteman di media sosial merupakan hal yang perlu dilakukan setiap orang. Jangan langsung terpincut dengan sikap baik yang mereka tampakkan, karena sekarang ada banyak modus penipuan yang awalnya mendekati seseorang dengan maksud mengetahui kebiasaan korban.

Lantas bagaimana berteman yang benar di media sosial? Penjelasan selengkapnya akan dibahas pada ulasan berikut:

1. Jaga Privasi dan Data Diri

Berkaca dari kasus-kasus yang telah terjadi, memang seharusnya tidak menyebarkan informasi pribadi ke teman di media sosial kecuali jika sudah benar-benar bisa dipercaya. Misalnya informasi terkait alamat lengkap, kegiatan sehari-hari, kondisi rumah atau lainnya.

Sebab, informasi yang kita anggap sepele bisa dimanfaatkan oleh orang tidak bertanggung jawab untuk melakukan tindak kejahatan. Cukup berikan informasi umum, misalnya nama panggilan saja jangan nama lengkap. Jika sudah menunjukkan gelagat mencurigakan, segera putuskan hubungan dengan mereka.

2. Selalu Berpikir Cerdas

Kita ambil contoh kasus Anda dimintai tolong memberikan pinjaman uang dengan nominal besar ke teman dunia maya. Telusuri terlebih dahulu jejak digitalnya, jika komunikasi yang dilakukan melalui Whatsapp, pesan teks, atau telepon, manfaatkan aplikasi seperti halnya get contact.

Apabila ternyata nomornya terdeteksi pernah melakukan tindak kejahatan, biasanya akan terampil di bagian tag aplikasi tersebut. Dengan begitu Anda bisa lebih waspada dan terhindar dari kasus berat di kemudian hari.

3. Jangan Mudah Percaya Meski Sudah Dekat

Meski sudah merasa dekat karena komunikasi yang dilakukan setiap harinya, kewaspadaan tetap diperlukan. Jangan mempercayakan hal-hal bersifat pribadi dan berbahaya untuk diketahui orang lain, misalnya hal yang bersifat rahasia.

Tindakan ini dimaksudkan agar mereka tidak bisa mengancam Anda dengan hal-hal rahasia tersebut. Tentu setiap orang akan merasa terpojok ketika diancam dengan rahasianya sehingga terpaksa menuruti apapun yang diinginkan pihak lain meskipun sangat merugikan.

4. Jangan Tanggapi Permintaan Password atau Kode OTP

Tips berteman selanjutnya adalah tidak menanggapi permintaan password atau kode OTP. Mengapa demikian? Sebab apabila permintaan tersebut ditanggapi, misalnya dengan memberikan kodenya, maka akun Anda akan langsung berpindah ke tangan orang lain.

Kasus paling marak terjadi beberapa waktu terakhir adalah pengurasan isi mobile banking atau e-wallet. Bukan hanya itu, terkadang juga mereka mengambil alih akun korbannya untuk menipu orang lebih banyak lagi.

5. Hindari Mengklik Tautan yang Dikirim Teman

Pasti sudah tidak asing dengan kasus penipuan lewat link kiriman. Kendali perangkat milik seseorang bisa beralih ketika link kiriman itu diklik. Oleh sebab itu, sebagai usaha untuk melindungi keamanan privasi, jangan sembarangan mengklik link kiriman.

Di samping itu, pastikan selalu waspada dan perlu menaruh kecurigaan dengan hal-hal janggal. Sebelum memutuskan untuk berteman memang sepatutnya mencari tahu sifat, maksud dan tujuan menjalin pertemanan, serta lingkaran pertemanannya.

Pengertian tentang Sifat Perfeksionisme

Itulah beberapa tips berteman di media sosial yang sebaiknya diterapkan agar Anda dijauhkan dari tindak kejahatan yang menyebabkan kerugian, baik dari segi harta, keamanan jiwa, atau reputasi.

 

Anda telah membaca informasi tentang "Tips Berteman yang Aman di Media Sosial" yang telah dipublikasikan oleh Manasuka Blog. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan. Terima kasih.

You May Also Like

About the Author: Rismal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *